Jaringan komputer berbasis microsoft Windows server 2003

Posted: Oktober 19, 2010 in computer

SEKILAS TENTANG LAN

Jaringan computer yang paling populer adalah LAN ( Local Area Network )Lan computer yang saling berhubungan dalam area tertentu Dengan lan diantara komputer yang terhubung ke jaringan saling berkomunikasi dan bisa berbagi pakai data berbagi periperal dan sebagainya.
sesuai dengan perkembangan dan populernya internet dan internet jaringan computer (LAN)yang sudah ada bisa ditingkatkan kemampuannya untuk keperluan yang lebih luas lagi mis internet

1.prinsip-prinsip komunikasi data
untuk memahami prinsip ini diperlukan pengetahuan dasar tentang komponen utama yang di gunakan oleh hampor semua sistem komunikasi komponen-komponen tersebut adalah
– Host computer
– Reseiving Computer
– Data
– Protokol komunikasi
– Komponen transmisi

1.1. Host computer

bagian ini merupakan suatu computer tempat penyimpanan computer memiliki kemampuan pemerosesan data,dalam hal ini bisa impormasi dan dari sanalah impormasi tersebutditranmisikan. Host merupakan merupakan suatu computer mainfram atau computer mini. Host yang berupa dengan mainframe bekerja dengan peralatan atau hardware yang di kenal oleh suatu pron atau prosesor(FEP).
sofware untuk host termasuk operating sistem yang pada mesin IBM merupakan MVS (Multiple Virtual Storeg)atau VM (Virtual Machine).

!.2 Reseiving Computer

bagian ini biasanya merupakan suatu “dumb terminal”, componen dasarnya adalah keyborard, displai monitor, dan beberapa port untuk komunikasi

1.3 Data

satu-satunya alasan untuk melakukan sistem komunikasi data atau jaringan adalah mentreanmisikan data. Data ini bisa berupa impormasi akuntansi, perbankan, personalia, impentaris, dan sebagainya

14 Komunikasi Protokol

Protokol adalah suatu set aturan yang mengatur tranmisi data. beberapa protokol komunikasi untuk tranmisi data ini karena ada banyaknya protokol komunikasi, maka diperlukan menerjemahkan protokol komunikasi kompatible, agar jaringan komunikasi data bisa berpungsi dengan baik.penerjemahan protokol di peroleh melalui suatu alat yang dikenal dengan nama Gateway.

1.5 Componen Tranmisi

jika host computer dan receiving computer telah bekerja danprotokol komunikasiyang cocok telah di seleksi, maka komponen tranmisi harus dipilih dan di implementasikan. componen ini menyiapkan data untuk di transper dan suatu lokasi ke lokasi lain komponen tranmisi bisa berbentuk :
– Saluran komunikasi
– Modem
– mode tranmisi

1.5.1 saluran komunikasi

saluran ini merupakan media yang di gunakan untuk mentranmisikan sinyal listrikyang menyatakan data saluran ini bisa merupakan saluran satelit.sinyal radio atau jaringan telephon dalam jaringan computer media utama , untuk tranmisi data adalah twisted fair cable,coaxial cable.
1.5.2 Modem
modem adalah singkatan dari modulator komunikasi data bisa berupa analog atau digital
Cara lain untuk mengklasipiksikan modem adalah menyalakan arah aliran data

CIRI-CIRI LOCALAREA NETWORK
– Shared Data
– Shared Software
– Penggunaan yang lebih epektip dari hardware yang ada
– Electronick Mail komu
– Komunikasi data kecepatan tinggi
– Proses len distribusi
– Metered software application
– Sharing Printer

BEBERAPA KOMPONEN JARINGAN COMPUTIBLE

Agar jaringan LAN atau Work group berbentuk selain harus ada komputer server dan work station juga di perlukan perangkat keras lain yang mendukung jaringan tersebut perangkat ini meliputi berbagai bentuk dan macam tergantung kebutuhan jaringan (LAN) yang akan di bangun.

1 Perangkat Keras
Untuk jaringan Computer atau LAN (local area network) sederhana mengandung beberapa componen atau perangkat keras yang sangat penting dan merupakan kebutuhan utamanya perangkat keras yang di maksud antara lain :
– komputer yang akan digunakan sebagai server
– berapoa computer untuk work station \
– NIC Network Interface Card
– Wirelles LAN
– HUB atau switch yang mendukung F/o
– switch wirellss
– kabel UTP
– kabel telepon
– conector RJ45 dan RJ11
– VDSL Compenter
– UPS jika di perlukan

Peralatan tersebut merupakan kebutuhan setandar dan harus ada untuk sebuah jaringan kemudian apabila jaringan computer di kantor anda akan di tingkatkan atau lebih besar lagi beberapa hadware lain seperti :
– Repeater
– Bridge
– Router
– Gateway

seperti telah di jelaskan di atas komponen jaringan, misalnya untuk warnet atau jaringan di kantor yang hanya melibatkan beberapa gedung perkantoran yang jaraknya antara 100-1000 meterserta memiliki node sekitar 10 sampai 200 unit computer

1.1 NIC (Network Interface Card)

yang saya maksud NIC adalah kartu jaringan atau LAN Card berupa papan electronictyang nantinya di pasang di setip computer yang akan di hubungkan ke suatu jaringan

gambar contoh kartu jaringan combo

1.2 HUB atau conectator

Secara sederhana hab bisa di katakan suatu perangkat yang banyak memiliki port yang akan menghubungkan beberapa node atau titik sehingga membentuk suatu jaringan pada potologi star pada jaringan yang umum dan sederhana salah satu port menghubungkan HUB tersebut ke komputer server sedangkan lainnya di hubungkan ke komputer klien atau workstation yang sudah memiliki NIC untuk membentuk suatu jaringan.
dan segi pengelolaan HUB yang saat ini beredar di pasaran ada 2 jenis yaitu MANAGEABLE HUB dan UNMANAGEABLE HUB.
MANAGEABLE HUB adalah HUB yang bisa di kelola atau di manage dengan software yang dbawahnya sedangkan Unn-mannageable HUB cara pengelolaannya dilakukan secara manual.

gambar HUB

perlu di ketahui bahwa HUB hanya pengguna atau user untuk berbagi (share) jalur yang sama. kumpulan HUB yang yang membentuk jaringan disebut “shered enternet” pada jaringan sepperti itu tiap user hanya akan mendapatkan kecepatan dari bandwidhth jaringan yang ada.

1.3 BRIDGE (Jembatan)

bridge adalah berpungsi sebagai menghubungkan beberapa bagian jaringan terpisah, baik tipe jaringan yang sama maupun berbeda seperti ethernet dan fast ethernet bridge memetakan alamat ethernet dari setiap node atau titik pada masing masing segmen jaringan dan hanya memboleh kan lalu lintas data yang di perlukan melintasi bridge ketika menerima sebuag paket

1.4 SWITCH

switch atau lebih di kenal dengan istilah lan switch merupakan perluasan dari konsep bridge ada 2 arsitektur dasar yang di gunakan pada switch yaitu cul-trough dan store-and-porward
switch cut-trough memiliki kelebihan di sisi kecepatan karena ketika sebuah paket datang switch hanya memperhatikan alamat tujuan sebelum diteruskan ke segmen tujuannya.
sedangkan switchs store-and-forward merupakan kebalikan dari switch cut-trough swich ini menerima dan menganalisa seluruh isi paket sebellum menerimanya ketujuan dan memeriksa untuk satu paket memerlukan waktu ,tetapi ini memungkinkan switch untuk mengetahui adanya kerusakan pada paket dan mencegahnya agar tidak terganggu jaringan.
dengan switch ada berapa keuntungan karena setiap segmen jaringan memiliki bandwidht 10 mbps penuh tidak terbagi seperti pada “sharednetwork” dengan demikian kecepatan transper data lebih tinggi jaringan yang di bentuk dari sejumlah switch yang palong berhubungan disebut”collapsed backbacbone”

Tinggalkan komentar